Minggu, 21 Oktober 2012

Yuk Jadi Pilot

source: antara

Sky-lover, perkembangan dunia penerbangan akhir-akhir ini semakin pesat. Banyak maskapai-maskapai baru bermunculan, banyak juga maskapai lama yang mulai mengepakkan sayapnya. Perkembangan ini tentu saja diiringi dengan bertambahnya jumlah armada pesawat yang dimiliki oleh suatu maskapai. Garuda Indonesia sendiri, pada tahun 2012 ini, telah mendatangkan 1 pesawat Bombardier di bulan Oktober dan masih akan disusul 4 pesawat yang sama sampai akhir tahun. Sebuah gebrakan yang cukup menarik karena pesawat 'kecil' ini akan digunakan untuk melayani penerbangan di area Indonesia Timur.

Dengan semakin banyaknya pesawat yang melintasi langit Indonesia, tentu saja semakin banyak pula pilot yang dibutuhkan. Bukan cuma Garuda yang memerlukan pilot-pilot baru, bahkan maskapai dari berbagai dunia juga butuh generasi-generasi muda yang akan menerbangkan pesawatnya. Diprediksikan sampai tahun 2030, permintaan pilot di seluruh dunia akan terus meningkat.

Buat teman-teman yang saat ini duduk di bangku SMA atau kuliah, atau punya adek yang duduk di bangku SMA dan masih belum tau 'mau jadi apa', ada baiknya jika diarahkan untuk mengambil sekolah pilot. Memang selama ini banyak orang yang ingin mengambil sekolah pilot namun kekurangan biaya, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengakali ini.

Biaya sekolah pilot sekitar 500-600 juta, jumlah yang cukup fantastis. Namun jika dibandingkan dengan universitas-universitas ternama di Indonesia, nampaknya jumlah tersebut hampir sama besarnya. Kelebihan sekolah pilot, waktu sekolah normalnya hanya sekitar 1 tahun. Setelah itu, lulusan sekolah pilot sudah bisa melamar ke maskapai. Coba bandingkan dengan kuliah yang perlu waktu sekitar 4 tahun, abis itu masih belum tau mau jadi apa, jadi sekolah pilot ini cukup memberikan secercah harapan akan sebuah pekerjaan.

Garuda memiliki kerjasama dengan 2 sekolah pilot di Indonesia, yaitu sekolah pilot di Curug dan BIFA di Bali. Isu-isunya, 2 sekolah tersebut memiliki 'kelas khusus calon pilot Garuda'. Dengan title tersebut, ada kemudahan dalam pembiayaan. Siswa hanya perlu membayar setengah biaya, sisanya dikasih pinjeman sama bank dan pembayarannya diangsur setelah kerja di Garuda. Oh well, nampaknya saya harus mencari sumber yang valid untuk hal ini, supaya bisa memberikan informasi yang lebih akurat. Kalau ada yang punya info tentang hal ini, boleh loh dishare.

Selanjutnya, setelah lulus dari sekolah pilot dan diterima bekerja di Garuda, pilot ini akan belajar lagi terutama tentang pesawat yang akan dipakainya. 1 pilot biasanya menguasai 1 tipe pesawat. Selama menjalani training, ternyata pilot-pilot ini sudah mendapat gaji loh. Dan denger-denger gajinya menembus angka 2 digit. Okay, ini juga masih sebatas gosip, saya harus cari sumber yang valid dulu. Tapi kalau ada yang tau, boleh juga dishare :D

Nah setelah masa training selesai, license juga sudah di tangan, jam terbang juga sudah mencukupi, maka pilot ini sudah bisa ikut terbang. Well, di kelas bersama salah seorang Captain kemarin saya dikasih tau tentang tingkatan-tingkatan ini, tapi saya lupa. Yang jelas, saat si pilot ini sudah terbang, gaji pokoknya akan ditambah lagi dengan uang yang diperoleh dari 'jumlah jam terbang'. Semakin banyak jam terbang seorang pilot dalam 1 bulan, semakin banyak juga uang yang dia bawa pulang. Dalam beberapa tahun saja, modal 500-600 juta ini akan kembali.

Ternyata pekerjaan sebagai pilot ini cukup menarik yah. Jadi dalam postingan kali ini, saya ingin memprovokasi teman-teman, khususnya yang masih duduk di bangku SMA, untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah pilot. Pekerjaan yang cukup menantang, penuh tanggung jawab, dan mendatangkan cukup banyak orang. Jangan lupa, kalo memang tertarik untuk menjadi pilot, kemampuan bahasa inggrisnya ditingkatkan ya. Karena bahasa inggris adalah salah satu modal utama untuk mengarungi langit di seluruh dunia.

Saya sertakan website BIFA yah, silahkan klik di http://baliflightacademy.com dan Sekolah Tinggi Penerbangan Curug di http://stpicurug.ac.id terakhir saya buka webnya masih underconstraction, alternatifnya buka web angkasa pura disini. Selamat mencoba!


xoxo,
megaagnesty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar