Kamis, 11 Oktober 2012

Job Desc MT Garuda Indonesia



Pada seleksi MT Garuda Batch 1 dan 2, rekrutmen ditujukan untuk bidang Sales & Marketing saja. Sedangkan pada MT Batch 3, rekrutmen sudah mulai melebar, tidak hanya untuk Sales Marketing tapi juga untuk Finance & Service.

Sebagai program future leader, MT Garuda mengalokasikan "lulusan" MT ini untuk menempati posisi-posisi manajerial di Garuda, terutama di Branch Office. Sales Marketing dialokasikan untuk menjadi Sales Manager, Finance dialokasikan untuk menjadi Finance Manager, dan Service dialokasikan untuk menjadi Station Manager. Penempatannya di Branch Office domestik terlebih dahulu, dan di masa mendatang tidak menutup kemungkinan untuk ditempatkan di Branch Office internasional.

Jaman saya dulu, rekrutmennya masih jadi 1 dengan judul MT. Tahun ini ternyata dari rekrutmennya sendiri sudah dikonsentrasikan ke masing-masing bidang. Untuk membantu Sky-lover yang masih bingung mau apply di posisi apa, saya akan sedikit memberi gambaran tentang job desc masing-masing posisi.

1. Sales & Marketing

Untuk posisi ini, any major dapat melamar, namun alangkah lebih baiknya jika kamu mempunyai background pendidikan di Marketing, Business, Commerce, Communication, Industrial Engineering, dan Economy. Job descriptionnya adalah melakukan terobosan-terobosan untuk menaikkan penjualan, terutama penjualan di Brand Office tempat kalian nantinya ditempatkan.

Pekerjaan di bidang ini sangat menuntut ringkat kreatifitas yang tinggi, mengingat persaingan bisnis airlines sangat dinamis. Garuda memerlukan orang yang bisa berpikir out of the box yang nantinya bisa memberikan kontribusi maksimal dengan semakin tingginya jumlah penumpang maskapai ini.

Saran saya, jangan takut dengan kata "Sales" karena saya tahu kata-kata ini seringkali menjadi momok bagi orang-orang yang takut dengan target. Bekerja di dunia Sales Marketing sangat menyenangkan, karena dunia ini bukan hanya tentang penjualan tiket, tapi juga menyangkut Promotion, Maintain relasi, mencari kerjasama yang menguntungkan dengan pihak ke-2, dan sebagainya.

Kalau di jajaran direksi, mungkin kalian sudah sering melihat Direktur Sales & Marketing Garuda Indonesia di berbagai media menyangkut pemberitaan tentang kerjasama Garuda dengan Liverpool. Bapak Elisa Lumbantoruan, beliaulah yang saat ini menjabat posisi tersebut, dan sebagai calon future leader, bisa saja anak-anak MT Garuda akan menggantikannya suatu saat nanti.

2. Finance & Accounting

Background pendidikan untuk melamar posisi ini dikhususkan untuk mereka yang berasal dari jurusan Akuntansi, Keuangan, Banking dan Ekonomi mengingat pekerjaan ini membutuhkan keahlian spesifik.

Job descriptionnya adalah menganalisis dan mengembangkan area mana saja yang bisa mendatangkan keuntungan untuk Garuda. Selain itu, seperti judulnya, tentu saja anak-anak Finance dan Accounting akan dekat dengan dunia keuangan dan akuntansi.

Sekarang ini yang menjabat Direktur Finance & Accounting di Garuda adalah Bapak Handrito Hardjono. Saat ini Garuda sedang berusaha semaksimal mungkin untuk meperbaiki kondisi keuangannya, agar menjadi perusahaan yang profitable dan sustainable growth.

3. Flight Operation Center

Ini dia yang cukup baru di dunia MT Garuda. Biasanya posisi ini dibuka untuk rekrutmen staff, namun karena kebutuhan, maka dibukalah MT yang berkonsentrasi di Flight Operation Center. Alokasi ke depannya adalah disiapkan untuk menjadi Station Manager. Station Manager di Garuda ini sangat unik, bisa saja berasal dari service maupun operational, karena memang kedua hal ini sangat berkaitan satu sama lain. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang service, maka setiap operationnya tentu menomorsatukan pelayanan juga, oleh sebab itu Station Manager di Branch Office, selain bertanggung jawab terhadap operational di bandara, juga bertanggung jawab terhadap pelayanan di setiap unit yang berhubungan dengan customer.

Sebenarnya any major bisa melamar posisi ini, tapi sebaiknya jaman SMA-nya ngambil jurusan IPA. Kenapa? Karena untuk menjadi seorang Flight Operation membutuhkan skill-skill khusus yang membutuhkan kerangka berpikir anak IPA. Untuk masalah kenapa harus ada minimal tinggi badan, alasannya adalah tinggi badan tersebut sangat diperlukan untuk teknis pekerjaan, dan yang kedua karena service berhubungan langsung dengan customer maka diperlukan juga orang-orang yang memiliki postur bagu dan good looking. Good looking itu tidak harus cantik maupun tampan, tapi karyawan tersebut bisa terlihat menarik, ramah dan bisa melayani customer dengan sepenuh hati.

Job descriptionnya adalah mengatur segala aktivitas operasional bandara, mulai dari keberangkatan dan kedatangan pesawat serta bertanggung jawab terhadap pelayanan terhadap customer. Selain itu, bisa saja seorang Flight Operation mengatur tentang VVIP flight, dan juga menganalisis potensi-potensi apa saja yang dimiliki unit kerjanya untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan pendapatan perusahaan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa posisi yang ditawarkan pada Open Recruitment MT GA Batch 4. Walaupun rekrutmennya sudah dikonsentrasikan, namun nantinya kelasnya akan digabung. Jadi semua siswa akan merasakan semua unit kerja dan tahu bagaimana bisnis proses di Garuda Indonesia. Semoga artikel ini membantu kalian semua untuk menentukan pilihan.

xoxo.



20 komentar:

  1. Salam kenal mba Mega.. saya sudah baca postingan MT GIA-nya.. Challenging banget. Semoga saya bisa lolos dan bertemu mba Mega di Garuda. Salam sukses! :)


    -Grace

    BalasHapus
  2. Hey Grace, terima kasih sudah membaca blog ini. Sukses ya buat proses seleksinya, semoga kita bisa bertemu dan sama-sama memakai ID Card Garuda ;)

    BalasHapus
  3. wah., keren gan blognya, cukup mencerahkan..

    BalasHapus
  4. Terima kasih mas duta. Ayo, sudah apply belum? 5 hari lagi ditutup loh.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kebetulan saya keburu ikut non mt sebelum mtnya dibuka dan udah ditahap akhir (askam) tinggal medex ulang, gak bisa men-"transfer"-kan diri ya ke program MT kalau sudah diterima... haha

    salam Fly-Hi!

    BalasHapus
  7. Wah, selamat ya! Tinggal tanda tangan kontrak nih kayaknya. Gpp non MT, kl performance bagus, career path-nya jg oke kok. Let's make Garuda flies even higher! ;)

    BalasHapus
  8. Menarik ulasannya sis, jd kebayangan ngapain aja kerjaannya.. :)
    Berarti MT ini hampir pasti penempatannya di branch yah?
    Kalau branch Garuda sendiri sekarang udah ada dimana aja sih sis Mega?
    Thanks2...

    BalasHapus
  9. Makasih, nanti di postingan berikutnya kita mau sedikit sharing apa saja yg kita dapat selama pendidikan.
    Branch office GA ada di hampir semua ibukota provinsi di Indonesia, jd kita cm ada di kota-kota besar. Jgn takut ditempatin di pelosok bgt. Kmdn kita jg ada branch office di LN seperti KL, singapore, australi, jepang, cina, korea dan amsterdam.

    BalasHapus
  10. Mbak, kebetulan saya sekarang sedang tahap seleksi MT-FOO. Sudah lolos tes psikotes lanjutan terus di undang untuk ikut tes kompetensi (tes simulasi). Saya belum ada gambaran sama sekali untuk tes kompetensi tersebut. Kira2 tes nya bentuk nya apa ya? Mungkin mbak bisa share jenis dan contoh soal nya, hehehehe...
    Terima kasih banyak mbak.

    BalasHapus
  11. Hey annisa, maaf ya baru bales, bulan-bulan ini lagi sibuk banget. Gimana tes simulasinya? Semoga lolos yaaa!

    BalasHapus
  12. Heii, pertama kali terbang bersama garuda satu hal terlintas dikepala saya, "Kenapa gw dulu ga jadi pilot yah". Flying was so magnificent!

    Well, udah telat mw jadi pilot, but at least saya bisa bergabung di Garuda. That's why, saya mau wujudkan impian ini. Tapi ada beberapa pertimbangan yang harus diambil, (mungkin nanti bakal curhat, hahahaa). Pertanyaan pertama saya, kapan kira-kira lowongannya akan ada lagi?

    Yang pasti setiap hari saya selalu memantau http://career.garuda-indonesia.com/

    Mohon bantuannya yah Mega, thank you for your kindness :)

    *YM saya Ordinary_Aramusha@yahoo.co.id , saya udah nge-add YM Mega, jika berkenan di accept yah. Tapi kalo ga juga gapapa, Its privacy I understand.

    BalasHapus
  13. untuk MT, dibuka setaun sekali. kebetulan MT batch 4 masih proses seleksi sampai sekarang. tapi kalau untuk posisi lainnya, tiap bulan biasanya ada. dulu rekrutmen Garuda sempat ditutup dalam waktu yang cukup lama, sehingga selisih umur antara karyawan lama sama karyawan baru cukup jauh. hal ini membuat permintaan karyawan baru di Garuda pasti ada, jadi it's better when you always check our career web.

    anw, jadi pilot di umur berapapun gak ada istilah terlambat kok. bahkan ada beberapa pegawai Garuda yang sudah bekerja di Garuda cukup lama, kemudian ambil sekolah pilot dan akhirnya jadi pilot disini karena mmg itu passionnya dia. kalau memang suka, dikejar aja. late better than never, right? yang penting persiapkan kemampuan bahasa inggris yang bagus supaya lolos.

    good luck! ;)

    BalasHapus
  14. Mega,

    Buat MT Sales Marketing, ditulis akan bekerja di 'brand office'? apakah itu berarti HQ atau branch office? Responsibilities on a daily basis nya apa? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Branch office kali yah maksudnya. iya, untuk sales marketing sih pengalaman MT batch 2, ditempatkannya di berbagai branch office GA di seluruh indonesia. Job descnya maintain travel agent, sub agent, corporate account dan membuat strategi utk meningkatkan jumlah penumpang & keuntungan perusahaan.

      Hapus
  15. Halo mbak Mega,
    saya sedang proses garuda, sudah sampai tahap Interview User & sedang menunggu hasil. Setelah itu akan Medcheck & Background Check. Yang mau saya tanyakan, apa jika Medcheck & Background check sudah pengumuman, kemudian interview direksi, saat interview direksi ada kemungkinan tidak lolos? mengingat jumlah peserta pasti tinggal sedikit sejak medcheck.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  16. Halo Mbak Mega,
    saya kemarin mendaftar untuk MT Garuda namun sayang sekali saya telat membuka email sehingga tidak bisa mengikuti test nya.
    Yang ingin saya tanyakan apakah Garuda memberlakukan sistem black list karena saya ingin mendaftar kembali. Apakah tahun depan saya bisa mendaftar lagi? terimakasih

    BalasHapus
  17. Hallo mbak Mega,
    Penempatan di branch office mana ditentukan berdasarkan apa, apakah kandidat boleh milih? Kemungkinan utk mobile alias pindah2 kota itu ada ga mbak untuk MTnya. Periode ini MT Garuda buka loker lagi, kira2 branch office di kota mana yg lg kosong mbak kalau kita boleh tau:)

    BalasHapus
  18. Hallo mbak Mega. Nice sharing. Kebetulan saya juga tertarik untuk bergabung dengan Garuda.
    Saya sekarang sedang menjalani studi S2, di bidang natural resources management. Berdasarkan pengalaman mbak Mega, adakah semacam advantages tersendiri untuk mereka yang lulusan S2? Dan berdasarkan background pendidikan saya (S1 teknik pertanian, S2 natural resources management), posisi mana yang cocok untuk saya?

    Trims

    BalasHapus
  19. Haloo mbak mega,
    Saya mau bertanya, untuk finance accounting itu untuk S1 atau D3 ya? Apakah garuda indonesia menerima fresh graduate D3 akuntansi? Oh iya, saya bisa dapat info lowongan kerja garuda Indonesia dimana ya mbak? Kebetulan saya mahasiswi D3 akuntansi & ingin kerja di garhda indonesia. Maaf mbak kalau pertanyaan saya banyak. Hehe
    Terima kasih

    BalasHapus