Rabu, 17 Oktober 2012

TOEIC Update



Saya dan beberapa teman MT Batch 3 sering mendapat pertanyaan dari pelamar MT GA:
"Apakah saya harus mempunyai sertifikat TOEIC dulu sebelum apply MT GA?"

Fortunately, pagi ini saat OJT di GCC saya ketemu dengan Mbak Risa, PIC rekrutmen MT GA. Akhirnya saya tanyakan langsung pertanyaan ini kepada beliau. Jawabannya adalah:

"Tidak apa-apa saat apply belum punya sertifikat TOEIC, namun setelah diumumkan peserta MT lolos dari tes simulasi & interview psikologi, diharapkan peserta dapat menunjukkan sertifikat TOEIC-nya karena tahun ini tes TOEIC ditiadakan. Jadi peserta harus melakukan tes sendiri."

Begitulah jawaban dari HRD Garuda pada tanggal 17 Oktober 2012. Saya menyarankan teman-teman yang mendaftar untuk mempersiapkan sertifikat ini setelah tahapan demi tahapan tes MT telah dilewati. Namun alangkah baiknya jika telah disiapkan dari awal, toh sertifikat TOEIC ini juga bisa menjadi nilai tambah teman-teman saat apply ke perusahaan lain seperti Pertamina misalnya.

Dulu saya sempat mencari tempat untuk tes TOEIC, pas googling, saya menemukan ITC, sebuah lembaga tes TOEIC, TOEFL dan IELTS yang punya test point di beberapa kota. Biaya tes TOEIC Listening & Reading adalah Rp 450.000, sedangkan sertifikatnya Rp 150.000. Kalian bisa baca info lebih lanjutnya di website ITC http://itc-indonesia.com atau mencari tes TOEIC ke lembaga-lembaga lainnya seperti LIA, ILP, dll.

Demikian update info tentang recritment MT GA Batch 4. Goodluck Sky-lover! xoxo.

10 komentar:

  1. Halo! :)

    Biasanya TOEIC yang dibutuhkan hanya listening & reading ato perlu sampe speaking & writing juga ya?
    thank youu

    BalasHapus
  2. Hello to you too.
    Berdasarkan tes tahun lalu, tes TOEIC di Garuda hanya mencakup listening & reading. Tahun ini standarnya masih sama, jd cukup ambil tes listening & reading saja. Terima kasih ;)

    BalasHapus
  3. Bisa d ganti pake toefl itp aja ga ya mba?
    knp pke toiec ya btw? *penasaran

    BalasHapus
  4. Mohon maaf sekali, Garuda hanya menerima toeic. Krna lingkup toeic lbh utk percakapan di dunia kerja sdgkan toefl msh general dan cenderung ke lingkup percakapan dunia pendidikan. Pilot sm pramugari jg tesnya pake toeic kok, lebih gampang dibanding toefl ;)

    BalasHapus
  5. mau tanya mba mega, garuda punya rekomen tempat tes2 toeic gk? klo saya tes toeic di kampus saya gmana?
    makasih

    BalasHapus
  6. oiya mba mega saya kan dpt panggilan tes MT S&M nih buat tgl 10 bsk, kira2 tahapan testnya apa aja ya? trus kalo interviewnya pake indonesia apa inggris, secara saya kurang bisa klo ngomong inggris, klo tulis baca lancar, hehehehe

    BalasHapus
  7. halo mario. kamu sudah baca posting saya yang judulnya "Long way to be Garuda" belom? tahapan tesnya lengkap ada disitu ya, silahkan dibaca dulu. kalo ada yang belum jelas bisa ditanyain lagi.
    kayaknya tes toeic di lembaga universitas boleh deh, yang penting nilainya di atas 600. kalo saya pribadi menyarankan di ITC, tapi kalo mmg ada lembaga lain yang bisa mengeluarkan sertifikat toeic, it's okay :)

    BalasHapus
  8. halo mbak mega, saya sudah test toeic di the british institution, tapi kok tidak semahal mbak mega ya?
    memang diresultnya hanya menyatakan nama dan score yang didapat, sepertinya ini hanya prediksi nilai toeic saya saja, tapi sebelum mulai test saya tanya untuk melamar kerja, dan ketika ditanya melamarnya di Indonesia, kata lembaga tersebut gpp pake test toeic prediction itu.kalau keluar negeri baru itp. saya hanya kena 190rb sudah dengan sertifikat, pagi test siang jadi.

    BalasHapus
  9. Finally,I found you mega.hehe
    Thnx ya udah sharing macem2 ttg rekrutmen MT garuda. Informatif banget.
    Tadi pagi diemail suruh tes TOEIC tp kog di jkt. Masalahnya lagi gk di jkt,tp lagi pulang ke smg. Ternyata boleh kan ya selain di ITC itu.
    Makasih infonya.._yeni

    BalasHapus
  10. Hello teman-teman, maaf ya baru sempet bales. Agak sibuk bulan-bulan ini.

    Untuk toeic, Garuda tidak menunjuk 1 institusi khusus untuk sertifikatnya, jadi menurut saya, it's okay kl tmn2 dpt sertifikat di tempat lain. Anyway, sdh smp mana tesnya? Semoga diberi kelancaran dan kemudahan smp tes terakhir ya.

    BalasHapus