Rabu, 10 Oktober 2012

MT Garuda Indonesia

Proses seleksi pegawai di Garuda Indonesia, khususnya untuk posisi Management Trainee (MT), memakan waktu yang cukup lama. Duluuu, jaman masih H2C nungguin pengumuman dari pihak Garuda, saya dan teman-teman lain cukup kesulitan untuk mencari info tentang proses seleksi perusahaan ini. Dan hasilnya? Artikel maupun forum yang membahas tentang seleksi MT Garuda sangat minim. Ujung-ujungnya curhat deh di forumnya Kaskus.

Oleh karena itu, saya mau berbagi tentang proses seleksi MT Garuda kepada Sky-lover. Siapa tau ada yang minat nyusul saya kerja di Garuda. Semoga bermanfaat!

MT Garuda, seperti MT-MT perusahaan lainnya, dialokasikan untuk menjadi future leader. Karena itulah, proses seleksinya agak berbeda dengan seleksi pegawai darat lainnya. Proses ini memakan waktu hampir 1 tahun, hmm mungkin sekitar 9 bulanan gitu yah, dan ada syarat apabila sudah diterima tidak boleh nikah dulu selama 1 tahun. Detailnya sebagai berikut:

1. Seleksi Administrasi

Bulan Oktober, Garuda Indonesia mengumumkan Open Recruitmen untuk posisi MT di websitenya http://career.garuda-indonesia.com terus saya klik di bagian Management Trainee. Nah dari situ saya harus membuat account dulu di career web Garuda. 1 account bisa buat apply semua posisi nantinya.

Proses pendaftaran administrasi biasanya diberi waktu sekitar 1 bulan. Nanti diseleksi siapa yang lolos ke proses selanjutnya. Dari daftar sampai akhirnya dapat email panggilan untuk ikut tes, saya nunggu sekitar 1 bulan. Jumlah pendaftar tahun lalu cukup mengejutkan. Informasi dari HRD Garuda, jumlah pendaftar program MT batch 3 adalah +/- 14.000 pendaftar, jumlah yang cukup fantastis menurut mereka.

2. Psikotest 1

Tanggal 21 November 2011, pelaksanaan psikotes tahap 1 dilakukan di Garuda Indonesia Training Center (GITC), Duri Kosambi. Jumlah pesertanya sekitar 2500, seinget saya segitu. Tapi ada juga yang bilang jumlah pesertanya 1300. Entahlah, saya kurang tau jumlah pastinya. Yang jelas dari belasan ribu pendaftar, yang lolos untuk ikut ke tahap ini hanya 1000-2000an orang. Tapi tesnya gak cuma sehari, ada beberapa hari gitu, jadi 1 ruangan isinya cuma 80-100 orang kayaknya.

Tesnya standar, kayak tes di astra. Ada 4 model soal, dan kita harus berpacu dengan waktu. Bentuk soalnya saya agak lupa, yang jelas soalnya gak banyak tapi harus cepat.

3. Psikotes 2

Nahhh, ini pertama kalinya ngerasain H2C. Nunggu pengumuman lolos psikotes 1 itu butuh kesabaran tingkat tinggi. Awalnya pihak Garuda bilang akan diumumkan 2-4 minggu, nyatanya pengumumannya baru bulan Januari 2012. Maklum akhir tahun, banyak yang harus mereka selesaikan, jadi harap sabar yaaa. Psikotes lanjutan ini bertempat di Garuda City Center (GCC), Cengkareng, yang merupakan Head Office Garuda Indonesia.

Soalnya ada yang hitungan, pihak penyelenggara menyediakan kalkulator. Hitungannya sih lumayan gampang, bukan aljabar atau kalkulus, jadi tenang aja. Hehe. Abis itu, ada psikotes yang soalnya menyangkut karakteristik kita. Jumlah peserta yang lolos ke tahap ini hanya sekitar 250 orang.

4. Tes Simulasi

Dari jumlah peserta 250 orang yang mengikuti psikotes lanjutan, yang tersisa adalah 83 orang. Saya dan teman-teman seperjuangan mulai setres mengingat banyaknya jumlah yang gugur selama proses seleksi. Tes simulasi ini diadakan akhir Januari dan awal Februari, di GITC.

Tesnya ada 2 bagian, yang pertama ngerjain study kasus per individu. Yang sesi kedua Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang dunia bisnis. Menurut saya, sesi 1 lah yang cukup berat. Saya lupa study case-nya seperti apa, yang pasti seruangan saya waktu itu mengeluhkan hal yang sama, sesi 1 lebih susah dibanding sesi 2.


5. Interview Psikolog

Tanggal 20-an Februari, saya mengikuti interview di GCC. Awalnya saya pikir ini interview user, atau paling gak interview HRD. Ternyata tes kali ini adalah interview dengan psikolog. Pertanyaannya seputar diri saya pribadi, pekerjaan saya di masa lalu, dan psikolog mencoba menganalisis orang seperti apa kita ini. Intervewnya berlangsung sekitar 45-60 menit.

Capek sih jawab pertanyaan-pertanyaan dari psikolognya, disinilah pribadi kita diuji. Psikolognya menganalisis bagaimana sifat kita yang sebenarnya saat kita capek, atau mungkin tertekan. Apakah kita pribadi yang memiliki daya tahan yang tinggi atau tidak, well, ini opini saya pribadi sih.Saya tidak tahu persis tujuan sebenarnya dari tes ini. Yang lolos sampai tes ini masih 83 orang karena nilai Tes Simulasi digabung dengan nilai interview ini. Jadi intinya, tes simulasi dan interview psikolog ini adalah 1 set tes.


6. Tes TOEIC

Jumlah peserta di tes TOEIC ini hanya sekitar 31 orang (iya, yang gak lolos lebih dari setengah peserta, bikin panik asli!), tes dilaksanakan di GITC pada bulan Maret. Tesnya kayak tes TOEFL tapi lebih gampang karena conversation dan vocabnya adalah kata-kata yang sering kita dengar sehari-hari, dan lingkupnya adalah dunia bisnis. Minimal skor TOEIC untuk masuk ke seleksi selanjutnya adalah 600.

Gak perlu takut gak bisa ngerjain tes ini, karena ada banyak sekali contoh-contoh tes TOEIC yang beredar di internet. Cobain aja, makin sering berlatih akan semakin terbiasa dalam mengerjakan soal. Pas tes ini saya nanya ke Mbak Risa (HRD di bagian recruitment, yg akan kalian temui setiap kali tes) "Mbak, kuota MT-nya emang berapa sih?"

"40 orang," begitu jawab Mbak Risa. Saya merasa lega dan saya bilang ke dia, "Berarti kita semua keterima ya Mbak?" Jawaban Mbak Risa agak bikin syok, "Kita gak cari orang buat menuhin kuota sih, tapi kita cari orang yang memenuhi kualifikasi Garuda." Oh well, jadi agak pesimis juga pas doi bilang gitu.

7. Interview HRD

Bulan April, saya baru mendapat info siapa saja yang lolos dari Tes TOEIC. Alhamdulillah yang gak lolos cuma 4 orang, secara biasanya yang gak lolos banyak banget, jadi kali ini kami sangat bersyukur yang gak lolos cuma 4. Tes diadakan di GCC.

Pas interview HRD, saya dikasih studi kasus 1 jam menjelang tes. Abis itu, saya harus membuat presentasi untuk memberikan solusi atas studi kasus yang diajukan. Temanya tentang manajemen SDM, waktu yang diberikan sekitar 1jam. Usernya cuma 1 orang, dan seperti presentasi pada umumnya saya mempresentasikan hasil pekerjaan saya dan si user nanya ini-itu. Tes ini butuh waktu sekitar 45-60 menit. Kita dituntut berpikir cepat dan solutif.

8. Medical Check Up & Background Check

Pengumuman hasil interview HRD terhitung cukup cepat, pertengahan April saya sudah mendapat jadwal untuk mengikuti medical check up (MEDEX) dan background check (ASKAM). Tapi saya cukup syok karena yang lolos ke tahap ini hanya 13 orang.

MEDEX dilaksanakan di Garuda Sentra Medika (GSM), Kemayoran. Tesnya sangat umum sekali; disuruh puasa dari jam 22.00, paginya tes darah, tes urine, tes jantung (EKG), dan tes kesehatan umum. Bagi yang memakai kacamata, sangat disarankan untuk membawa kacamatanya. Jangan kayak saya yang harus mondar mandir berkali-kali ke GSM buat cek mata dan mencocokan kacamata dengan minus saya. Tenang, kalau untuk pegawai darat, Garuda memperbolehkan minus dan silinder kok, tapi ada toleransi di angka tertentu.

1 hari setelah MEDEX, diadakan ASKAM atau background check, bertempat di GCC. Tes ini untuk memastikan peserta tidak terlibat terorisme atau tindakan radikal lain. Wajar aja, kan Garuda perusahaan yang mengutamakan security dan safety. Gak lucu kan kalau ada pembajakan pesawat atau pengeboman di bandara. Katanya sih yang ngetes dari BIN, sayangnya kemarin saya gak nanya ke penguji, doi dari BIN atau Garuda. Jadi ya maap kalau gak bisa ngasih info detailnya, hehe. Peserta WAJIB mengumpulkan SKCK dan segala macam ijazah2 sekolah.

9. Pantuhir (Pantauan Akhir)

Jeng, jeng...

Tes terakhir akhirnya datang juga. Ini nunggunya cukup lamaaaa banget, karena ternyata seleksi gelombang 2 mengingat jumlah peserta gelombang saya yang tidak memenuhi kuota. Tapi dari gelombang 2 sendiri cuma ada tambahan 3 peserta. Jadi total peserta ada 11 orang (karena gelombang 1 gak lolos ASKAM MEDEX 2 orang) + 3 orang = 14 orang. Tes terakhir diadakan bulan April, sementara final test ini diadakan bulan Juli. Bisa dibayangkan sendiri betapa H2C-nya saya dan teman-teman seperjuangan waktu itu, sampai-sampai ada grup bbm dan whatsapp buat curhat-curhat.

Pantuhir ini berbentuk tes yang hampir sama dengan tes HRD. Ada studi kasus yang harus kita selesaikan, setelah itu dipresentasikan di depan user. Usernya adalah Direksi Garuda. Meeennn, suatu kehormatan bagi saya bisa bertemu mereka di tes ini. Usernya 2; antara Direktur Finance, Sales Marketing, maupun Service. Dan ada 1 pendamping, yakni staff dari Talent Management Tesnya dilaksanakan di GCC. Tema presentasinya adalah airlines industry. Abis presentasi, user nanya-nanya tentang diri kita, ada juga yang ditanya tentang pekerjaan sebelumnya.

Demikianlah serangkaian tes untuk menjadi MT Garuda Indonesia. Dari 14 orang, yang lolos adalah 13 orang. Loooonggggg waaaaaaaayyyyy to be Garuda. Sayang ada 2 teman saya yang sudah settle dg posisi yang cukup bagus di perusahaan lamanya, jadi mereka memutuskan tidak mengambil tawaran yang diajukan Garuda karena menurut mereka, mereka harus ngulang dari awal lagi. By the way, saya dan 10 teman disini sangat bersyukur, dari +/- 14.000 orang yang daftar MT Garuda batch 3, akhirnya kami menjadi salah satu yang terpilih. Jadi kami tidak akan menyia-nyiakan pekerjaan ini, demi membawa Garuda terbang lebih tinggi.

Kami tanda tangan kontrak bulan Agustus dan mendapatkan jeda waktu untuk mengurus resignation dan lain-lain 1 bulan, jadi bulan September kemarin, kami baru resmi masuk Garuda. Anyway, good luck ya buat yang daftar! Optimis, do your best, pray, and let God do the rest! Saran aja sih, jangan nanyai salary selama tes ya, apalagi ke user, karena ini bakal bikin nilai kamu jatoh banget di mata mereka. 1 pesan lagi, innallaha maas sobirin, ikut seleksi MT Garuda harus sabar, karena prosesnya cukup lama, so enjoy the process ajalah. Something great is worth to wait.

xoxo,

MT-GA Batch 3

105 komentar:

  1. Kenapa ada batasan tinggi ya di prasayarat rekrutmennya?

    BalasHapus
  2. Penjelasannya ada di postingan berikutnya ya. Thank you.

    BalasHapus
  3. Mau tanya dong, untuk posisi MT ini fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja kesempatannya gimana ya? apa harus sudah punya pengalaman kerja dulu untuk mendaftar? terus score TOEIC disyaratkan 600, kita harus udah punya sertifikat TOEIC atau ga perlu? karena di dalam proses seleksinya ada tes bahasa inggris juga kan? thanks untuk bantuannya :)

    BalasHapus
  4. Fresh graduate punya peluang yg sama dg yg sudah punya pengalaman kerja, tenang saja. Bbrp diantara kami jg br lulus dan blm bekerja kok. Masukan pribadi dr saya saat menghadapi sesi interview, tonjolkan pengalaman kepemimpinan km dlm sebuah organisasi/kepanitiaan saat kuliah.
    Tidak perlu punya sertifikat toeic, tp kl km punya sertifikat toeic, ato toefl maupun ielts bisa dicantumkan sbg value added. Goodluck ya! Smg bs bergabung dg Garuda Indonesia ;)

    BalasHapus
  5. Untuk sertifikat TOEIC ada info tambahan, mohon diupdate ya. terima kasih.

    BalasHapus
  6. Haloo mega mau tanya dong untuk psikotes garuda ada suruh gambar orang atau pohon tidak..?
    soalnya saya dapet panggilan test di jogja untuk MT finance., saya lemah digambar nih kalo psikotes.hehehe

    mohon masukannya yah,, terima kasih

    BalasHapus
  7. Halo mbak Mega saya mau tanya. Kalau misalnya saya mencantumkan sertifikat TOEFL untuk sementara kira2 bisa gak ya? (saya blm punya sertifikat TOEIC).Tapi saya agak bingung juga mau nyantuminnya di mana, karena di web career nya gak ada pilihan "attach" file. Terima Kasih jawabannya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey teman2, maaf br sempet bales. Kl tahun ini msh pk konsultan yg sama, psikotes di GA ga ada gambar2 maupun tes pauli. Sukses ya bt tesnya!

      Untuk sertifikat toeic, nanti akan diminta setelah lulus tes simulasi & interview psikologi jd sementara ini gak papa kl blm punya sertifikat toeic. Udah bc postingan tt toeic update blm? Baca disitu ya, ada penjelasan lebih detail ;)

      Hapus
  8. hallo mega, mau tanya ttg IT Planning & Business Analyst di garuda kira2 kapan ya mulai tesnya klo pendaftarannya tutup tanggal 31 oktber kemaren??
    thanks u jawabannya

    BalasHapus
  9. Halo juga.
    Mohon maaf, kl untuk rekrutmen selain MT saya kurang tau, soalnya yg saya posting disini berdasarkan pengalaman rekrutmen MT kami tahun lalu.
    Tp kl dr penerawangan saya, mungkin bulan2 nov-des kali yah. Hehe. Yg jelas kl seleksi analis selesainya lbh cpt, 3-4 bln udah bisa tanda tangan kontrak. Mgkn ada pembaca log ini yg punya info lbh jauh? Boleh loh dishare, terima kasih :D

    BalasHapus
  10. Mbak mega, apa aja sih yang harus dibawa kalo kita dipanggil psikotes untuk MT Garuda?? Soalnya saya yang diemail ke saya cuma alat tulis yang harus dibawa, mungkin ada kelengkapan dokumen yang harus dibawa juga ga ya?

    BalasHapus
  11. Engga perlu, bawa alat tulis aja. Dokumen dan sebagainya akan diminta di tahap2 terakhir. Goodluck ya buat tesnya! ;)

    BalasHapus
  12. wah ternyata satu sis mega ini satu angkatan dengan kawan saya, bro ilham...nice share sis, mencerahkan sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan hanya satu angkatan, tapi satu kos juga. hehe.
      makasih, smg blog ini bermanfaat bagi teman-teman semua.

      Hapus
    2. Semoga tesnya lancar sentosa, brur!
      Jgn lupa minta doa + ridho orang tua & keluarga juga ya, brur! *cheers*

      Hapus
  13. Waah bagus banget penjelasannya, alhamdulillah kemarin hari senin baru ikut Psikotes awal untuk MT finance. FYI, proses seleksi MT batch 4 ini terbilang cukup cepet seperti yang dijelaskan mba Risa waktu kemarin tes. Hanya dalam waktu 2 bulan sudah ada pengumuman akhir siapa yg terpilih menjadi MT garuda, jadi memang setiap minggu akan ada proses seleksinya, dan awal januari sudah mulai training. pertanyaannya, orang2 dgn kriteria apa yang dicari oleh garuda yah sepenglihatan mba Mega di batch 3 kmrn? terimakasih, dan semoga bisa bertemu mba Mega di Garuda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien, smg batch 4 cepat bergabung dengan Garuda jadi ga deg-degan terus tiap minggu. hehe.
      kalo kata instruktur sih, Garuda bukan cuma cari orang pinter, tapi cari juga orang dengan kepribadian yang baik dan sesuai dengan culture Garuda, yang ramah-ramah gitu kali yah. yang punya jiwa leadership dan creative.
      kalo saya ngelihat teman-teman batch 3 yang lain, bener deh kami ber-11 itu berbeda semua, tapi entah kenapa kami itu punya 1 visi yang sama: menjadi agent of change bagi perusahaan ini. ini kalo dari kacamata saya sih ya, hehe.
      amien, semoga lolos sampai akhir dan ketemu batch 3 di GITC ya! ;)

      Hapus
    2. Saya boleh coba bantu jawab ya..
      klo liat dari batch 3 isinya sih beragam, ajaib (baca: unik) juga kadang-kadang kelakuannya, hehehe...
      tp kayaknya sih ya, menurut saya, ada beberapa kesamaan diantara kami, misalnya:
      1. kayaknya ya, temen-temen saya itu tipe-tipe orang yg mau berpikiran terbuka & pada semangat belajar klo ketemu hal baru,
      2. temen-temen saya juga suka "bawel" klo nemu hal yg bikin penasaran ato dirasa kurang sreg, biasanya mereka suka mempertanyakan hal itu, "kenapa harus begitu?" ato "kenapa gak begini aja?" kebawelan itu tentunya disampaikan dgn argumentasi & cara penyampaian yg wajar lah yaa,
      3. saya juga baru nyadar nih, klo diperhatiin, temen-temen saya itu ternyata hangat & suka senyum, hehehe... mungkin ini jd satu aspek non teknis ya, kan Garuda itu ada di dlm industri service/layanan, jd harus murah senyum :)

      Semoga bisa sedikit membantu yaa..
      Semangat terus ya ujiannya!
      Jgn lupa jaga kesehatan & nikmati prosesnya dengan senyuman :)

      Hapus
    3. Waah terimakasih banyak buat responnya yang sangat komprehensif. hehe. kemarin baru psikotes tahap lanjutan, semoga lolos dan bertemu kaka kaka semuaaa :)

      Hapus
    4. halo mbak mega.. kemaren saya mendapat email dari garuda yang menyatakan saya lolos psikotest lanjutan dan diundang untuk mengikuti test simulasi. pertanyaan saya, ditest simulasi kata mbak mega diberi kasus individu, kalau boleh tau, kasusnya seperti apa ya mbak? terimakasih banyak. oh, kalau mbak mega gak keberatan saya boleh minta contact mbak gak? buat berbagi pengalaman, saya sangat inginbergabung di Garuda Indonesia.
      Arifah Dwi Sartika, kita di batch yang sama :)

      Hapus
  14. untuk MT marketing apakah ada tes tinggi badan, karena sy mendapat undangan tes tahap 1 untuk posisi tersebut, namun tinggi saya hanya 156cm. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang saja, kalo S&M ga perlu khawatir dengan tinggi badan. soalnya yang mensyaratkan tinggi badan cuma MT FOO. good luck ya! ;)

      Hapus
    2. mba utk psikotest tahap 2 posisi MT FOO kira2 jenis testnya seperti apa ya? ada test gambar tdk ya?
      terimakasih

      Hapus
  15. mbak untuk soal psikotes lanjutan modelnya seperti apa ya?
    in english ga mbak soalnya?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  16. Tmn2 maaf ya baru sempet bales. Di postingan kan sdh ada, mohon dibaca lbh seksama. Psikotes 2 ada soal hitungan & soal tt karakteristik kita. Gausah belajar, cukup jaga kesehatan aja. Smg tesnya lancar ya! ;)

    BalasHapus
  17. hello.. mau tanya dong, kalo tes simulasi itu kira2 berapa lama ya? ak dpt undangan nya jam 8.00 sampai selesai,itu kira2 selesai jam brp ya? mau izin ke kantor nih soalnya hehehe

    Kalo boleh share study casenya seperti apa yah? apakah spesifik utk bisnis penerbangan?

    thankyouuu. blognya informatif sekali deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, maaf ya baru bales. Tes simulasinya seharian jd mending ijin sakit aja ato cuti :P

      Hapus
  18. Hello guys, maaf ya baru smpt bales. Bulan2 ini cukup sibuk soalnya. Tes simulasi pake case perusahaan umum kok, jadi tenang aja. Kl tes yang menyangkut perusahaan penerbangan akan kalian temui di interview user (HRD) dan pantuhir. Gausah kuatir, user juga tau kok kalo kalian masih awam dg dunia penerbangan, jd wajar kl rekomendasi yg diajukan masih sederhana. Mereka cm ingin lihat bagaimana cara kandidat menyampaikan sebuah presentasi dan mengemukakan idenya. Tetap semangat yaaa, ditunggu kedatangan kalian di GCC! ;)

    BalasHapus
  19. mbak mega, aku sekarang lagi in process MT Marketing, besok rabu wawancara kompetensi di SHL. nah itu yang mbak maksud wawancara psikolog itu ya mbak?
    Terus, kalo boleh tau, (in number) berapa sih gaji MT Garuda? aku kebetulan udah kerja juga jadi pengen compare.
    Mbak, environment kerjanya gmn? challenging? pas di awal, aku dikasi tahu kalo lolos, MT Marketing bakal ditempatkan di cabang, bener gitu mbak? makasi ya. maaf nanyanya agak banyak :)

    BalasHapus
  20. Mba mega.. mau sekalian tanya juga dong. MT Garuda ada bonding/ikatan kerja ga sih? kayak misalnya kalo keluar sebelum x tahun harus denda Rp x juta. Thank you mba mega! :)

    BalasHapus
  21. Environment kerja sangaaat menantang! apalagi ini industri airlines dimana ilmunya jarang dibukukan, jadi bener2 dunia baru yg sangat memacu kita untuk lebih berkembang. iya, penempatannya nanti di cabang, lebih seru lagi, itu salah satu moment yg kita tunggu bgt. hehe. untuk gajinya, well, it's confidential yah. yg pasti utk level new entry lumayanlah, gak kalah sm multinational company.

    Untuk ikatan dinas, seperti MT2 perusahaan lain, tentu saja ada. Tapi kita disini tidak pernah terbebani dg itu, karena bekerja di Garuda sangat menyenangkan sehingga kita ingin bekerja disini lebih dari masa ikatan dinas. exciting banget lah, you won't regret, i promise ;)

    BalasHapus
  22. Mbak mega, saya MT FOO. Nah hari kamis besok saya ada panggilan wawancara user dan presentasi. Jadi kita diminta dateng 1 jam sebelum waktu wawancara, di kasih case, diberi waktu persiapan 1 jam dan diminta di presentasi kan. Boleh share kah kira2 case nya apa? Dan yang hadir menilai kita kira2 berapa orang? Oya presentasi nya pakai bahasa indonesia apa english ya?

    Terus kan saya satu2 nya kandidat wanita diantara kandidat2 yang lain. Ada seleksi gender ga sih untuk posisi MT FOO?

    Hehehehe, maaf saya tanya banyak banget.
    Makasih ya mbak mega kalau berkenan menjawab nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah satu2nya wanitaaa?
      tolong >//<
      saya skrg lg proses MT-FOO baru sampe tahap psikotes lanjutan
      masih galau tunggu hasilnya krn kmrn ad bbrp sola yg ga sempet kejawab :(

      dan postingan ini menambah kegalauan saya, kok bisa satu2nya wanita T^T
      saya ga ngerti deh apa kriteria untuk MT-FOO yg jelas memang tanggung jawabnya besar ya

      mohon yg sudah lolos MT-FOO bisa di share gtu
      krn yg sy bc di kaskus jg banyakan marketing sm finance :(

      Hapus
    2. halo teman-teman,

      maaf banget yaaa, karena kemarin masih cukup sibuk (plus charger tab saya rusak) jd baru smpt buka blog.
      annisa gmn interview usernya? lancar?
      hebat yaa satu-satunya MT-FOO. no problem annisa, kebanyakan sih emang cowok karena (seringnya) wanita gak suka ngitung2 yang terkait dengan pesawat. tapi di kantor juga ada kok beberapa FOO cewek, dan tidak ada perbedaan perlakuan, mau cewek mau cowok semua dianggap sama.

      kemarin ada yg ngetweet ke saya, katanya MT-FOO tinggal pantuhir ya? semoga annisa lolos! good luck!

      Hapus
    3. Ya kemaren interview user sempet deg2an sih soal nya saya ga menguasai kasus nya, hehe. Tapi akhir nya lolos dan bisa ikut medical check up.
      Iya mbak mega saya dan kandidat yang lain (tinggal 6 orang doank) udah askam minggu lalu. Sekarang tinggal nunggu hasil nya. Moga2 deh mbak saya lolos, soal nya penantiannya panjang banget nih dari bulan oktober 2013 awal saya apply :-)

      Berarti mbak mega dulu nunggu dari askam ke pantuhir hampir 2 bulan lebih.
      Oya di cerita di atas, mbak mega abis interview HRD langsung medcheck ya? kalo saya kemarin abis interview HRD ada tahapan presentasi dan interview user? kira2 nanti pantuhir nya di suruh presentasi lagi ga ya? hehehe...

      Thank you mbak doa nya :-)

      Hapus
    4. Iya, soalnya pas interview HRD udah sekalian presentasi. Aduh, saya kurang tahu deh kalo untuk MT-FOO ini seperti apa. Yg jelas tahun lalu, saya dan teman-teman presentasi 2x, di interview HRD dan pantuhir.

      Hahaha, sabarrr. Oktober-Maret itungannya pendek loooh dibanding tahun lalu, kita nunggu Oktober-Juli. Banyak doa aja biar temen-temen seperjuangannya gak berkurang lagi ;)

      Hapus
  23. mbak mega saya mendapatkan panggilan untuk bagian ticketing officer,,,apakah ada ketentuan untuk tinggi badan sbg posisi TRO ?bagaimana penemoatannya...apakah bisa kita pilih sendiri sesuai daerah asal?

    mohon infonya yah mbak..
    terima kasih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, maaf ya baru sempet bales. kemarin kl gak salah untuk posisi TRO udah menjalani beberapa tes ya. gmn hasilnya? semoga lancar yah..

      untuk posisi TRO, setau saya ada tes penampilan, karena akan berhadapan langsung dengan customer. kalau untuk masalah tinggi badan, mohon maaf saya kurang tahu.

      kalau gak salah penempatan TRO ada di beberapa kota besar seperti Jkt, Sby dan Makasar. Mungkin kalau yg rekrutmen di Jakarta akan ditempatkan di Jakarta. tapi saya ga berani memvalidasi jawaban ini yah, karena HRD yang lebih tahu.

      sukses!

      Hapus
  24. Mbak mega,saya dapet udangan psikotes awal MTK-PSI...
    info dong mbak, apa ya MTK-PSI itu?kok yang laing MT-FOO?

    Trims
    Triono

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, untuk kode MTK saya kurang tau deh itu kode untuk posisi apa. biasanya MT-PSI artinya psikotest untuk posisi MT. kl boleh tau, km apply posisi apa? kl yg MT-FOO itu applynya dari bulan Sept-Okt tahun lalu :)

      Hapus
  25. Mbak, saya mau tanya apakah pada saat MedEx ada tes buta warna juga bagi kandidat MT? Terima kasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, maaf baru bales.
      kalo MT umum (sales marketing & finance) sih gak ada, tapi saya kurang tau untuk MT-FOO. tapi kayaknya pas saya bales komen ini, pasti km sudah selesai tes medex, hehe. gmn hasilnya? semoga lancar smp akhir yaaa!

      Hapus
  26. mba mau tanya apa laki2 juga ga boleh nikah dl yg keterima jd mt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo tata.

      kemarin juga ada yg ngontak saya untuk menanyakan hal serupa. di kontrak sih disebutkan selama masa pendidikan tidak boleh menikah. teman 1 batch saya juga ada yang harusnya menikah tahun kemarin, tapi karena keterima MT, akhirnya rencana tersebut diundur. menurut saya, alangkah baiknya niat mulia tersebut diundur dulu, sabar ya, nunggu 1 tahun aja. for a better future ;)

      Hapus
  27. Hi mbak mega! semakin dekat dg step2 terakhir MT nih.

    Mau tanya dong mbak.. Apa Mbak Mega ditempatkan di Jakarta? Kalau iya, saya mau tanya dong kalo utk tinggal di sekitar daerah perkantoran bandara itu, living costnya (kos, transport, dll) berapa ya mba?

    Sorry tanya nya jauh banget, krn saya sdh bekerja dan ingin kira2 semua nya..

    Trims!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, selamat ya, tinggal selangkah lagi nih kayaknya.
      sekarang saya masih tinggal di Duri Kosambi (deket GITC) karena pendidikannya lebih banyak di GITC. kemarin cuma ke GCC 3,5 bulan jadi saya dan teman-teman, karena kebetulan ada mobil, lebih memilih tinggal disini.

      kalau untuk di GITC sendiri, living costnya cukup murah. kosan yang gak AC sekitar 400-700. sedangkan yang pake AC sekitar 850-1,5juta. dibanding hidup di jakarta selatan (dulu saya tinggal di jaksel) lebih murah di Duri Kosambi lah ya, tapi karena saya mall-person, uang yang harusnya bisa ditabung tetep aja abis buat ngemall di kala weekend, hehehe.

      kalau menurut anak-anak GCC, kos di belakang bandara cukup murah, gak beda jauh sm Duri Kosambi. kalau gak ada kendaraan pribadi bisa pake ojek sekitar 10rb sekali jalan. mereka sih nyaranin kalau ngekos di belakang bandara, mending bawa motor/mobil pribadi aja, lebih murah.

      Hapus
  28. Mbak Mega, aku udah kelas medex askam nih kemaren, in case aku lulus aku pengen tahu beberapa hal:
    proses trainingnya bisa didetailkan mbak? (aku kebetulan MT Marketing)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses trainingnya 1 tahun, programnya sama kayak MT-MT perusahaan lain: in class training, on the job training, balik lagi in class training (di Head Office), trs on the job training lagi (di terminal 2) dan terakhir on the job training di Branch Office. So much fun! ;)

      Hapus
  29. haloo mbak mega, saya mau tanya. saya ada panggilan untuk sales marketing (SME) itu job descnya apa ya ? mgkn krn ini bukan MT jadi tesnya 6 hari berturut2 sampai background cehcking. carrier pathnya gmna ya ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sales Marketing kerjaannya miri-mirip dikit sama MT-Sales Marketing, bedanya kalo staff Sales-Marketing langsung ditempatin di kantor cabang.

      Kerjaannya bagaimana caranya menaikkan penjualan, jangan pikir kamu akan jadi salesman yang keliling-keliling kota menjajakan tiket yaaa :P SME itu kerjaannya maintain travel agent, maintain corporate, maintain direct customer, dan biasanya juga akan diminta membuat program-program untuk menaikkan penjualan seperti misalnya "Fun Bike Tour with Garuda Indonesia to Maninjau"

      Career path-nya cukup bagus: Sales & Marketing Excecutive bisa naik jadi Sales & Marketing Manager, bisa naek jadi Distric Manager (atau Kepala Cabang), bisa jadi Area Manager, dan tentu saja jabatan paling tinggi adalah Direktur Niaga. Good luck!

      Hapus
  30. halo mbak Mega, saya kandidat MT marketing batch 4 (baru aja lolos kmrn hehe) mau nanya nih, kegiatan training di GITC itu masuk dan pulangnya jam berapa ya? slnya saya lg pertimbangin mau sewa kost atau naik kendaraan umum. makasi mba

    BalasHapus
  31. haluw mbak meg. saya kandidat MT FOO. sekarang sudah mau presentasi dan wawancara user. mbak, mau tanya, kira2 apa yang akan ditanyakan?? apa tentang Garuda secara umum atau tentang FOO nya?? karena di email yang dikirim kemaren disuruh cari2 info tentang Garuda.
    Kira2 kriteria penilaiannya apa aja ya mbak???

    terima kasih ya mbak..mohon dibalas

    BalasHapus
  32. halo mbak mega, saya winda :)

    saya tanggal 14 juni 2013 kemarin sudah daftar untuk MT FOO.
    tapi saya sms contact person-nya ibu risa ga balas2 sms saya tentang waktu untuk panggilan selanjutnya, hiksss
    kira2 lama ga yaa mbak pengumumannya....

    mohon doanya mbak mega yaa :D

    BalasHapus
  33. Sudah ada undangan utk seleksi online blm? karena tahun ini, bagi yg lolos seleksi administrasi, tes pertamanya online kyk pertamina gt.

    BalasHapus
  34. Selamat siang Mbak Mega,saya Elizabeth :)
    Info di blognya ngebantu banget, makasih ya mbak infonya. Kebetulan kemarin dapet informasi dari career center kampus saya (saya fresh graduate) tentang MT Garuda ini terus saya apply dan diundang Psychometric Test 3 Juli nanti di kampus. Ini sama gak ya dengan yang psikotest yang mbak sebutin di atas? Soalnya tempat tesnya bukan di GITC. Terus saya mau tanya, di semua rangkaian tesnya ini (mostly) pake bahasa indonesia atau bahasa inggris ya mbak? Terutama yang simulasi, case sama presentasi. Emang belom pasti lolos sampe tahap itu sih, cuma pengen tau gambarannya dulu biar bisa siap-siap, hehe. Makasih ya mbak infonya. Sukses terus di Garuda! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello,
      kamu kemarin berarti yang ikut tes di UI yah? gmn tesnya? sori baru balas, soalnya lagi sibuk beberapa hari ini. untuk presentasinya sih karena cuma dikasih waktu 1 jam untuk membuatnya, waktu itu aku pakai bahasa indonesia. but if you dare to present it in english, it's way better. goodluck yah!

      Hapus
  35. hai Mbak Mega.. saya kemarin kirim CV dan application letter via email namun belum registrasi di account career Garuda apakah berpengaruh dalam seleksi? alias apakah kalau tidak registrasi terlebih dahulu ke akun career garuda tidak berpeluang untuk ikut tahapan seleksi selanjutnya? mohon pencerahannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh nggak papa kok, jadi memang ada 2 pilihan via career account di web garuda maupun via email. ditunggu saja kabar selanjutnya yah.

      Hapus
    2. Hai Mbak Mega terimakasih jawabannya.. tapi kayaknya gak lolos ya :'( soalnya belum dapat email sampai sekarang hiksss

      Hapus
    3. gak papa, jangan menyerah. dicoba lagi di kesempatan selanjutnya :)

      Hapus
  36. wahh hebat mbak bisa lolos n kerja di garuda
    saya restu,kebetulan tgl 16 juli nanti saya mau tes presentasi n interview user di garuda utk posisi MT FOO,,mohon saran dan petunjuk nya mbak,kira2 kasusnya seputar apa apa saja ya??
    terima kasih sebelumnya mbak. semoga saya bisa menyusul mbak utk kerja di garuda, amin.

    Restu Fajar Anggriawan/atux_6988@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello restu, mohpn maaf karena kesibukan yg cukup padat saya baru buka blog nih. gmn presentasinya? lancar? smg lolos yaaa.

      Hapus
  37. Halo Mba Mega, quitely inspiring :) Saya mau tanya kalau utk pantuhir, sebaiknya isi presentasi seperti apa ya. Maksudnya, apakah ada poin2 yang perlu di highlight selama kita melakukan presentasi pantuhir ini. Oiya kalau boleh tahu, Mba Mega MT bagian apa. Terima kasih mba, saya berharap mba membalas ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo astari. mohon maaf karena kesibukan yg padat saya baru sempet buka blog. presentasinya udah ya? duhhh maaf bgt blm snpt ngasih saran. smg lolos yaaaa. Smp ktmu di kantor. saya MT finance, penempatan di investor relation. hehe.

      Hapus
  38. Wah keren,, jadi makin semangat buat daftar MT nya garuda..
    pencerahan banget kak. makasih ceritanya n salam kenal :-)

    BalasHapus
  39. halo mba megaa,, saya frizti, ada lowongan untuk mt garuda, minta toiec 600/ toefl 500,, itu harus d lampirin atau gmna mba?

    BalasHapus
  40. Halo, Mbak Mega. Aku Putri. Tadi udah regis di http://career.garuda-indonesia.com dan udah sampe "declaration" step. Tapi belum aktivasi akun karena pas cek email, belum ada feedback yang masuk. Penasaran, aku ulang dari awal lagi, tapi sama aja, gak ada email aktivasi yang masuk. Itu gimana ya mbak? Biasanya butuh berapa lama? Thanks.

    BalasHapus
  41. Hy mba mega..slm knl sy sarah..
    Mba mohon support-a..tgl 30 sept 13 sy diundang untuk ikut test pramugari...smtara itu b.inggris sy gk bgtu mahir..gmn tu y mba..

    BalasHapus
  42. alowww mba mega, salam kenal, mau tanya ttg MT nih, aq dftar MT yg bulan sep lalu, pertanyaanku :
    1. pas aq dftar tdk ad spesifikasi MT ap, nah apakah nanti penempatan spesifikasinya oleh garuda atau nanti diberi pilihan
    2. mnggu dpn diundang utk tes Psychometric online yang dipegang oleh konsultan, biasanya tes sperti apa ya mba?
    3. apakah semua proses tes dri mulai psychometric online, assesmen kompetensi, presentasi dan wawancara menggunakan bhs inggris?
    terima kasih mba sebelumnya :D

    BalasHapus
  43. @UI: ketrima seleksi berkas juga ya? kalo boleh nanya, pelaksanaan seleksi psychometric online nya dimana ya? tau nda? kalo tau, bagi infonya ya

    salam kenal :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya keterima seleksi berkas, nah itu dia blm ad kejelasan dmna pelaksanaannya? btw, udh konfirmasi ke no yg ad???

      Hapus
    2. aloww mba ranika,tdi balasan tweet nya recrutimen garuda ya, eh berarti kita tdk perlu ke jkt yak buat tes online nya, salam kenal yak :D

      Hapus
    3. iya ternyata test nya online, bisa dimana aja,, semoga sama-sama sukses ya,, Aamiin :-)

      Hapus
  44. Mba Mega, salam kenal.
    Saya baru saja menerima email pemberitahuan lolos seleksi administrasi dan diminta untuk memberi konfirmasi kesediaan mengikuti program MT ini atau tidak.
    Saya sangat berminat untuk mengikuti program MT ini tetapi ketika mencari referensi dan membaca posting Mba Mega, khususnya bagian medical check-up, saya pribadi jadi ragu untuk mengkonfirmasi keikutsertaan saya Mba.
    Mohon informasinya apa mungkin Mba Mega masih ingat toleransi minus kacamata yang diterima GIA sampai ukuran berapa?
    Saya sendiri pengguna kacamata dan sekarang sudah mencapai minus 6.
    Apa masih mungkin diterima Mba seandainya saya mencapai tahap med check-up?
    Mohon pendapatnya ya Mba Mega.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  45. @Ui dan @Ranika Halo saya juga lolos berkas MT Garuda, dan saya masih belum tau di mana lokasi testnya.
    dan saya berpikir kalo saya tidak mendapat pemebritahuan lokasi test karena saya terlambat mengkonfirmasi kesediaan mengikuti proses seleksi di jakarta. Apa itu benar ya??

    BalasHapus
  46. Roland : tes dilakukan online dan dimana saja boleh

    BalasHapus
  47. tes psychometric nya itu yang seperti apa ya kira2?

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Salam kenal Mega, dulu pernah di jadi PE P*cari S*eat ya? mau tanya wawancara psikolog sm user lbh d tanyain ke hal apa ya? Thanks.

    BalasHapus
  50. Salam kenal Mega, dulu pernah di Promosi P*cari S*eat ya? mau tanya kalo interview user sm psikolog lebih d tanyain ke hal apa ya? Thanks.

    BalasHapus
  51. mbak mega, MT Garuda itu kontrak kerjanya berapa tahun ya ?

    BalasHapus
  52. halo mba Mega, seangkatan sama mas fajar ya ?? hhehe.. oiya mba, kira-kira kenapa yah saya sudah 2x apply utk MT di garuda tapi gak pernah lolos seleksi administrasi. padahal pengen banget kerja di garuda.

    BalasHapus
  53. Mbak mega salam kenal yaa.. saya seneng banget nemu blog mbak, bener2 informatif banget.. kebetulan saya jg sedang dlm tahap seleksi MT GA nih mbak, saya baru mau masuk tahap presentasi & wawancara user...doakan saya semoga bisa lancar sampai tahap akhir ya mbak... biar bisa segera gabung dgn Garuda.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya mbak, saya mau tanya.. background saya Adm. Bisnis.. MT kali ini dibuka 4 posisi.. Menurut Mbak diantara 4 posisi dibawah ini yg cocok untuk saya yg mana ya... Saya lebih tertarik di MTS/MTG sih.. Menurut Mbak MTS/MTG kira-kira bakal seperti apa ya.. terimakasih sebelumnya mbak :)

      1. Management Trainee for Finance and Accounting – kode posisi: MTA

      Terbuka untuk kandidat dari jurusan ekonomi, manajemen keuangan, akuntansi

      2. Management Trainee for Sales and Marketing - kode posisi: MTS

      Terbuka untuk kandidat dari jurusan apa saja

      3. Management Trainee for Engineering (Fleet Maintenance & Management) - kode posisi: MTE

      Terbuka untuk kandidat dari jurusan teknik penerbangan, teknik mesin, teknik industri, teknik elektro, statistika, dan akuntansi

      4. Management Trainee for General (untuk penempatan di direktorat pelayanan/SDM & umum/operasi/strategi, pengembangan bisnis, dan manajemen risiko) - kode posisi: MTG

      Terbuka untuk kandidat dari jurusan apa saja

      Hapus
  54. Halo mba mega, blogny informatif bgt :).
    Perkenalkan saya echa, mw nanya dikit nih mba, nanti saat presentasi dan wawancara user apa case study ny sesuai dgn program MT yg kita pilih?
    Misalny klu MTA kasusny berhubungan dgn keuangan aja?

    D tunggu balasanny, makasi ya mba :)

    BalasHapus
  55. Mba Mega, mau tanya, kalau di Garuda nanti ada kesempatan dikuliahin ngga?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  56. mba, berarti pas test2 kelengkapan ijazah2, skck, semua2 surat2 kita di cek satu2 dunk ya.. trus gimna klo saya ada 4 ijazah dan 12 sertifikat apa di cek juga satu2..
    maksih mba

    BalasHapus
  57. mba mega assesmen kompetensi nya seperti apa yah? terimakasih

    BalasHapus
  58. Mba Mega, salam kenal saya Irwan. Sekarang kan Garuda lagi bukan program MT lagi, kalau misal saya baru lulus S1 itu januari-februari gitu (insyaallah) kira2 bisa ikut rekrutmennya ga ya ? soalnya kan syarat minimalnya S1 gituu.

    BalasHapus
  59. Halo Mba Mega,
    Mau tanya, minus mata yg ditoleransi sampai berapa ya?
    Soalnya minus mata saya udah 8
    Makasih :)

    BalasHapus
  60. Halo mba Mega, salam kenal saya Winda.
    saya sudah mengikuti tahapan MT garuda (psikometri online), dan beberapa hari yg lalu saya mendapat balasan email yg menyatakan saya lolos tes tsb dan harus melanjutkan ke tahap berikutnya. tes selanjutnya diadakan di Prasada Mansion Jaksel.Kira2 tes selanjutnya seperti apa ya mba yg harus saya lalui?
    trims :)

    BalasHapus
  61. oiya tambahan mba, assesment kompetensi itu seperti apa ya? mohon informasi
    Tq

    BalasHapus
  62. Sama mbak Izzati Winda aku juga dapat email, tinggal nunggu penjelasan dari mbak mega aja... hehe

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Halo Mbak Mega!

    membaca postingan ini saya semakin mantap untuk bergabung di MT Garuda Indonesia setelah lulus, namun, yang menjadi pertanyaan saya, persyaratan MT Garuda yang tertera di website, kandidat harus berasal dari reputable university atau universitas terkemuka, sedangkan saya berasal dari PTN yang kurang reputable..

    Apakah saya masih bisa mendaftar untuk menjadi MT Garuda Indonesia kedepannya?

    Need your advice soon, Thankyou :)
    Yudi

    BalasHapus
  65. Halo Mbak Mega...

    Alhamdulilah, saya sekarang lagi on process seleksi MT Garuda Indonesia udah lolos tahapan Askom trus akan lanjut ke tahapan Analisa Business Case & Presentasi. Naah ceritanya, saya dulu apply untuk posisi MT General trus tiba2 saya diemail sama Mbak Risa dan katanya saya dipisahkan dari kandidat MT lain utk mengikuti MT di Direktorat Teknik GIA, dan kita akan mengikuti Seleksi Analisa Business Case yg berbeda

    Pertanyaannya, kira2 kalo di direktorat teknik GIA itu nantinya jobdesc kita ngapain aja ya mbak? Trus kalo gambarannya, kira2 Analisis Business Case di Direktorat Teknik itu seperti apa ya??

    Thanks Mbak, Sukses selalu buat Mb. Mega :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak mega, jd akomodasi slm traing 1 thn blom d tnggung yah! Mohon pnjlsn ammdsi nginap dll nya. Soalnya sy psrta dri sulawesi dsdh smpe thp anlls case s direksibak.

      Hapus
  66. cool banget bisa masuk MT Dir Teknik...semoga luluuuusss
    @mba mega (yg punya blog) : kok kita ga pernah ketemu si...yaiyalah..dikau di GCC ya?

    BalasHapus
  67. dear mbak mega,saya mau tanya,apabila lulus program mt,kira2 nanti ijazah nya ditahan selama mas kontrak tidak? apakah biaya penalty yang hrs dibayar? seberapa besar? terima kasih,

    BalasHapus
  68. Dear mbak mega,
    nanya dong :)
    pas pantuhir, qt presentasi sama interview nya in english ato pake bahasa?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  69. Dear Mb mega, saya boleh gak minta kontak mb mega? saya udah ketrima, tp mau cari reference orang yg udah masuk disitu.

    BalasHapus
  70. Mau tanya dong, kalau ikut management Trainee berapa lama prosess traineenya? apa yang didapat setelah MT di Garuda? apakah bisa bekerja langsung di Garuda?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  71. rata-rata setahun jadi mt di garuda. apa yang didapat tergantung atasannya.
    bisa bekerja langsung atau tidak juga tergantung atasannya.

    BalasHapus
  72. hai mba mega mau tanya ya..
    untuk MT sama MT-IT berbeda ngga ya tes nya?
    mohon infonya.. terimakasih

    BalasHapus
  73. maaf mau tanya kalo buta warna parsial apakah bisa untuk masuk garuda

    BalasHapus