Minggu, 17 Maret 2013

IATA Airlines Business Simulation Model

Hello Skylover!

Minggu kemarin adalah minggu-minggu tersibuk untuk MTGA 3 dan beberapa staf Garuda Indonesia. Kami mengikuti training dari IATA yang bertema: Airlines Business Simulation Model. Intinya kami belajar tentang basic airlines, seperti apa itu ASK, RPK, Yield, Network dan masih banyak lagi.

Dari training ini, kami yang sangat awam tentang airlines jadi bener-bener melek setelah mendapat penjelasan dr Mr. Sin Bee Han, intruktur dari IATA untuk Asia. Banyak sekali istilah airlines yang sering kami dengar dan kami baca, namun masih kami belum tahu maknanya. Setelah mengikuti kelas ini, kami jadi mengerti indikasi dari sebuah angka-angka yang tertera pada kolom ASK, RPK, PLF dan bagaimana menyusun strategi dari indikasi-indikasi tersebut. Instruktur juga banyak bercerita bagaimana keadaan maskapai-maskapai di luar sana, terutama maskapai Western Europe dan North America. Ternyata banyak sekali perbedaan paradigma airlines di Eropa, Amerika dan Asia. Masing-masing benua ternyata mempunyai karakteristik yang berbeda.

Menjelang akhir kelas, kami diberi studi kasus untuk menjalankan sebuar airlines. Ternyata menjalankan sebuah airlines yang "Brand New", apalagi airlines yang sedang dalam masa "Turn Around", sangat tidak mudah. Banyak sekali perhitungan dan perdebatan yang terjadi dibalik pengambilan-pengambilan setiap keputusan untuk menentukan rute, mengurangi cost, sampai mampu menerbangkan sebuah pesawat. Sekarang kami sangat bersyukur, kami masuk di Garuda saat perusahaan ini sedang dalam kondisi siap untuk "take off" merajai angkasa.

Kami dibagi dalam 3 kelompok. Setelah 2 malam begadang menjalankan airlines kami masing-masing, akhirnya hari Jumat kemarin kami mempresentasikan bagaimana cara kami untuk mendapatkan profit dalam mengelola airlines tersebut. Dan akhirnya, kelompok Kiki, Hari dan Leta keluar sebagai pemenangnya. Congratulation Guys!

Full Team

Kelompok 1

Kelompok 2

Kelompok 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar